Jurnal Manajemen Pendidikan
Vol 13 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Pendidikan

IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 BAGI PENDIDIKAN TINGGI

Naura Dinda Nurulita (Student)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2022

Abstract

Terjadinya masa pandemi covid-19 dan tuntutan perkembangan teknologi pada era revolusi industri mengharuskan seorang pendidik mampu berinovasi dalam mengemas proses belajar mengajar agar lebih efisien dan menarik. Proses pembelajaran harus mengutamakan keterampilan dan dituntut harus menekankan aspek-aspek kreativitas dan inovasi, berpikir kritis dan pemecahan masalah, komunikasi dan kolaborasi. Blended Learning bisa menjadi salah satu alternatif dan strategi yang efektif dilakukan di perguruan tinggi. Sebuah inovasi pembelajaran dengan tujuan utamanya memberikan kesempatan bagi berbagai karakteristik agar terjadi proses belajar mandiri, berkelanjutan, belajar sepanjang hayat sehingga belajar akan menjadi efektif, lebih efisien, menarik dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi blended learning sebagai inovasi pembelajaran di masa pandemi covid-19 bagi pendidikan tinggi. Metode yang digunakan adalah study literature dari berbagai jurnal dengan memperoleh data di pustaka, mengelompokkan sumber, dan menyusun bahan penelitian kemudian dikaji dan ditarik suatu kesimpulan. Dari hasil penelitian didapatkan keefektifan implementasi pembelajaran di perguruan tinggi dengan menggunakan model blended learning.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP) E-ISSN: 2597-8659 is an open-access scientific journal published online through the Open Journal System. JMP published biannually, June and December by Magister Program and Doctoral Program of Education Management Universitas Negeri Jakarta. Its aim is to publish ...