Penelitian ini dilakukan untuk meningkatan hasil belajar menggunakan metode pembelajaran index card match. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tidakan Kelas (PTK) terdiri dari prasiklus, siklus 1 dan siklus 2. Tiap siklus tediri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada prasiklus kognitif siswa dengan rata-rata 53,7 siswa yang tuntas terdapat 4 orang (17%). Siklus 1, aktivitas siswa yaitu aspek afektif terdapat 13 siswa dengan predikat baik, 11 siswa dengan predikat cukup. Aspek psikomotor terdapat 11 siswa dengan predikat cukup, 13 siswa dengan predikat kurang. Kognitif siswa pada siklus 1 nilai rata-rata seluruh siswa adalah 66,4, siswa yang tuntas terdiri dari 9 orang (37,5%). Pada siklus 2 aspek afektif terdapat 6 siswa dengan predikat sangat baik dan 18 siswa dengan predikat baik. Pada aspek psikomotor terdapat 1 siswa dengan predikat sangat baik, 14 siswa dengan predikat baik, dan 9 siswa dengan predikat cukup. Kognitif siswa pada siklus 2, nilai rata-rata seluruh siswa adalah 78,1 siswa yang tuntas terdiri dari 19 orang (79,1%) . Disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi pada materi sistem peredaran darah manusia di SMA Negeri 1 Kahaungueti.
Copyrights © 2022