Shaut Al-'Arabiyah
Vol 10 No 1 (2022): JURNAL SHAUT AL-'ARABIYAH

Kepribadian Ekstrovert dan Introvert dan Hubungannya Terhadap Penguasaan Keterampilan Membaca Siswa Melalui Online di SMPIT Al-Fityan School Gowa

Nur Fausiyah Fadillah (UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)
Uril Baharuddin (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)
Abdul Malik Karim Amrullah (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2022

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab melalui online menghadapi masalah pada kurangnya pemahaman siswa, terutama keterampilan membaca di antara siswa dengan kepribadian ekstrovert dan introvert. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan tingkat kepribadian siswa ekstrovert dan introvert dalam pembelajaran keterampilan membaca melalui online (2) mendeskripsikan tingkat penguasaan siswa ekstrovert dan introvert dalam keterampilan membaca; (3) mendeskripsikan hubungan antara kepribadian ekstrovert dan introvert terhadap penguasaan keterampilan membaca. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan jenis korelasi. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPIT Al-Fityan School Gowa dengan pengambilan sampel sejumlah 31 orang yang terbagi pada dua kategori tipe kepribadian. Teknik pengambilan sampel yang dipakai teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan melalui angket, tes dan dokumentasi. Untuk melakukan analisis data, peneliti menggunakan teknik analisis Product Moment menggunakan program SPSS 26.00. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) tingkat kepribadian ekstrovert dalam membaca yaitu 13 siswa kategori sangat baik, 3 siswa kategori baik. Tingkat kepribadian introvert yaitu 10 siswa kategori sangat baik, 5 orang siswa kategori baik; 2) tingkat penguasaan siswa ekstrovert dalam membaca yaitu 13 siswa kategori sangat baik, 3 orang siswa kategori baik. Tingkat penguasaan siswa introvert yaitu 8 siswa kategori sangat baik, 7 orang siswa kategori baik; 3) tidak ada hubungan yang signifikan antara kepribadian ekstrovert dan penguasaan keterampilan membaca siswa (0,284>0,05), dan tidak ada hubungan yang signifikan antara kepribadian introvert dan penguasaan keterampilan membaca siswa (0,382>0,05). Temuan penting lainnya adalah penguasaan membaca siswa ekstrovert lebih tinggi dibandingkan siswa introvert.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Shautul-Arabiyah

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Shaut Al-'Arabiyah published twice a year since 2013 (June and December), is a multilingual (Bahasa, Arabic, and English), peer-reviewed journal, and specializes in Arabic Education, Hadits, and Other Arabic Studies. This journal is published by the Arabic Education Department, Faculty of ...