Shaut Al-'Arabiyah
Vol 10 No 1 (2022): JURNAL SHAUT AL-'ARABIYAH

Analisis Penggunaan Telegram Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Industri 4.0

Erlina (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penggunaan telegram dalam pembelajaran bahasa Arab di era 4.0, kelebihan dan kekurangan dari media tersebut. Era industri 4.0 yang serba digital menuntut guru dan dosen bahasa Arab untuk bijak dalam memilih media pembelajaran yang efektif dan efisien. Ringan digunakan dan berbasis cloud telegram bisa dijadikan pilihan dalam pembelajaran bahasa Arab di era ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan tahap pengumpulan data: mengumpulkan, menela’ah, mengklasifikasi, mereduksi dan melakukan conclusion secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telegram sangat cocok dalam pembelajaran bahasa Arab di era 4.0. Berbagai fitur telegram bisa digunakan dalam pembelajaran unsur dan keterampilan bahasa.  Pengaturan bahasa dan chat berbahasa Arab dapat digunakan dalam pembelajaran mufradaat. Pembelajaran tarkiib bisa menggunakan fitur chat, group dan chanel terkait. Voice chat, voice note, video call, group dan chanel serta searching film atau lagu berbahasa Arab dapat digunakan dalam pembelajaran istima’ dan kalaam. Pembelajaran qiraah dan kitaabah bisa menggunakan fitur pesan teks dan quiz bot. Kelebihan telegram yaitu ringan  digunakan, berbasis cloud, terjaganya kualitas file terkirim, enskripsinya kuat, gratis,  bisa mencapai 200.000 user dalam group, tersinkron, mampu mengirim dokumen dengan ukuran mencapai 2GB, dan bisa membangun alat API telegram. Adapun kelemahan aplikasi telegram hanya pada ketiadaannya fitur story.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Shautul-Arabiyah

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Shaut Al-'Arabiyah published twice a year since 2013 (June and December), is a multilingual (Bahasa, Arabic, and English), peer-reviewed journal, and specializes in Arabic Education, Hadits, and Other Arabic Studies. This journal is published by the Arabic Education Department, Faculty of ...