CV Sportex merupakan salah satu usaha kecil yang berfokus di bidang konveksi dengan produk berupa tas pria. Saat ini, strategi pemasaran yang dilakukan CV Sportex tidak inovatif dalam menghadapi pandemik Covid-19, yaitu masih terbilang manual secara luring, produk dipasarkan dengan sistem penjualan titip barang di beberapa pasar tradisional. Hal tersebut, akan mengalahkan daya saing promosi dibandingkan pesaing lain yang telah memanfaatkan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan posisi CV Sportex terhadap pesaing lainnya yang sejenis dan mengetahui strategi pemasaran yang tepat untuk memenangkan pasar. Metode yang efektif untuk menyelesaikan masalah yang ditemui pada CV Sportex yaitu dengan analisis SWOT. Dengan mengetahui dan memahami kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) yang tampak dan dialami perusahaan maka perusahaan akan mampu bersaing dan mencapai target yang ada secara efisien dan efektif. Mengenai hasil analisis matriks IE, CV Sportex berada pada sel IV kategori grow and build dengan total skor matriks IFE yaitu 3,12 dan matriks EFE yaitu 2,76. Dengan demikian strategi yang sesuai untuk CV Sportex yaitu intensif, seperti melakukan penetrasi pasar serta mengembangkan pasar dan produk, atau dengan melakukan pembauran ke arah belakang, depan serta horizontal.
Copyrights © 2022