Penelitian dilatar belakangi oleh kegiatan musyawarah guru mata pelajaran untuk dapat memberikan peran dalam peningkatan profesinalisme guru di Madrasah. Penelitian bertujuan untuk dapat memperoleh data empirik mengenai pengaruh kegiatan musyawarah guru mata pelajaran terhadap profesionalisme guru. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survey. Sampel penelitian adalah guru Madrasah Tsanawiyah Ummul Quro Al-Islami yang berada pada kategorisasi lulusan SMA/sederajat, sarjana dan magister. Sampel yang digunakan sebanyak 91 responden dengan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan secara umum persentase musyawarah guru mata pelajaran diperoleh dengan jumlah skor sebesar 5.679 berada pada ketegori golongan cukup tinggi dengan nilai rata-rata 62.41% dan profesionalisme guru diperoleh dengan jumah skor sebesar 6.075 berada pada ketegori golongan cukup tinggi dengan nilai rata-rata 66.76%. Berdasarkan hasil analisis pada pembuktian hipotesis diketahui nilai r hitung lebih besar dari r table 0,400 > 0,207 maka dapat dikatakan bahwa adanya pengaruh secara signifikan antara musyawarah guru mata pelajaran terhadap profesionalisme guru. Dengan tingkat pengaruh variabel sebesar 40,0% dan sisanya 60,0% masih dipengaruhi oleh faktor lain
Copyrights © 2022