Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol 10, No 2 (2022)

Proses Berpikir Siswa Ketika Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Sikap Siswa

Firdaus, Hana Puspita Eka (Unknown)
Ningtyas, Yoga Dwi Windy Kusuma (Unknown)
Hasanah, Siti Ulfatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa SMP Kelas VIII dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan sikap siswa pada permasalahan matematika. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif  kualitatif.  Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, soal tes, dan pedoman wawancara. Subjek penelitian adalah enam siswa yaitu 2 siswa yang memiliki sikap matematika tinggi, 2 siswa yang memiliki sikap matematika sedang, dan 2 siswa yang memiliki sikap matematika rendah. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan sikap matematika tinggi cenderung memiliki proses berpikir konseptual. Siswa dengan sikap matematika sedang cenderung memiliki proses berpikir semikonseptual. Siswa dengan sikap matematika rendah cenderung memiliki proses berpikir komputasional.

Copyrights © 2022