Materi IPA salah satunya fisika masih dirasa sulit bagi siswa dalam memvisualisasikan konsep yang bersifat abstrak. Dikarenakan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran menjadikan proses belajar kurang menarik sehingga mempengaruhi hasil belajar yang diperoleh siswa. Solusi alternatif yakni dengan menggunakan media interaktif berupa powtoon disertai LKPD yang mampu memberikan gambaran lebih konkrit sehingga siswa lebih memahami materi dengan mudah. Tujuan penelitian ialah guna mengkaji pengaruh signifikan penggunaan media interaktif powtoon disertai LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) terhadap hasil belajar siswa SMP. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 7 Jember pada siswa kelas VIII. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling area dan didapatkan dua kelas yakni VIII D sebagai kelas eksperimen dan VIII E sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas berisi 32 siswa. Penelitian menggunakan desain quasi eksperimen dengan teknik pengumpulan data melalui post-test berupa soal pilihan ganda dan uraian, observasi, dokumentasi dan wawancara. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan uji statistik yang meliputi uji normalitas serta uji mann-whitney u test dikarenakan data tidak berdistribusi normal nilai signifikansi dari uji tersebut (sig-2 tailed) sebesar 0.000 hal ini mengindikasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan nilai rata-rata hasil belajar siswa antara kedua kelas. Hasil analisis post-test hasil belajar menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, rata-rata nilai di kelas kontrol adalah 62.03 dan nilai rata-rata di kelas eksperimen adalah 85.47. Hal tersebut menunjukkan bahwa media interaktif powtoon disertai LKPD berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa.
Copyrights © 2022