Kurikulum merupakan fokus penting bagi lembaga pendidikan dari berbagai tingkatan. Karena menggambarkan visi, misi, dan tujuan pendidikan bangsa, maka perlu adanya pola dan bentuk kurikulum yang baik. Untuk melaksanakan kurikulum pada suatu lembaga diperlukan manajemen kurikulum yang tertata, meliputi konsep, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. MA Al-Ukhuwah sukoharjo merupakan salah satu lembaga pendidikan yang memiliki manajemen kurikulum yang terstruktur. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pengambilan data melalui wawancara dan dokumentasi dari pihak terkait. Hasil yang ditemukan adalah Konsep kurikulum yang digunakan di MA Al-ukhuwah meliputi kurikulum nasional dan local pesantren, Terlihat bagaimana perencanaan yang dilakukan oleh seluruh stakesholders, pelaksanaan struktur kurikulum dan pengembangan diri santri yang merata juga evaluasi kurikulum yang menghasilkan banyak prestasi juga alumni berkarakter islam dan memiliki keunggulan pada bidangnya.
Copyrights © 2022