ABSTRAK Madrasah adalah lembaga nonprofit yang bertujuan, bertugas, dan bertanggung jawab melaksanakan program pendidikan. Seiring dengan tuntutan zaman yang terus berubah menuju ke arah modern dan berkemajuan, dalam era persaingan yang semakin bebas dan merata seperti saat ini, lembaga pendidikan dituntut untuk dapat memberikan kualitas pendidikan yang bemutu karena lembaga pendidikan yang tidak bermutu lama kelamaan akan ditinggalkan oleh masyarakat.Bentuk dari upaya peningkatan mutu pendidikan yang dilakukan oleh pemerintah adalah dengan menetapkan kebijakan manajemen peningkatan mutu berbasis madrasah yakni dengan memberikan wewenang dari pusat kedaerah (madrasah), dimana madrasah diberi keleluasaan dan kewenangan untuk mengatur dan melaksanakan sampai pada mengevaluasi dari pendidikan yang dilaksanakan.Penelitian ini dilakukan di MTs Mafatihul Huda dengan judul, manajemen peningkatan mutu berbasis madrasah. Sedangkan rumusan masalahnya yaitu apa konsep dasar manajemen peningkatan mutu berbasis madrasah, apa faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan manajemen peningkatan mutu berbasis madrasah di MTs Mafatihul Huda.Berdasarkan pada rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis dan mengidentifikasi konsep dasar manajemen peningkatan mutu berbasis madrasah, dan faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan manajemen peningkatan mutu berbasis madrasah di MTs Mafatihul Huda.Dalam metode penggumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan informannya adalah kepala MTs Mafatihul Huda, wakil kepala urusan kurikulum dan wakil kepala urusan humas. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teknis analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan dan mengintepretasikan data-data yang telah didapat sehingga akan mengambarkan realitas yang sebenarnya sesuai dengan fenomena yang ada.Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen peningkatan mutu pendidikan di MTs Mafatihul Huda dapat dilaksanakan dengan baik, karena madrasah telah menunjukan mutu pendidikan bagi para peserta didiknya dan sudah saatnya manajemen peningkatan mutu berbasis madrasah ini diterapkan di madrasah-madrasah untuk meningkatkan mutu pendidikan Kata Kunci: Peningkatan Mutu Pendidikan, Manajemen PeningkatanMutu Berbasis Madrasah
Copyrights © 2019