Perkembangan suatu unit usaha dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor internal perusahaan maupun eksternal perusahaa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengaruh jaringan usaha, Inovasi Produk dan persaingan usaha terhadap perkembangan Usaha Mikro Kecil danĀ Menengah (UMKM) di Kabupaten Sidenreng Rappang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatori dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel sebanyak 40 UMKM yang diambil menggunakan teknik disproportionate stratified random sampling dan simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linearĀ menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: jaringan usaha, Inovasi Produk dan persaingan usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan kinerja UMKM di Kabupaten Sidenreng Rappang
Copyrights © 2022