Economic Education Analysis Journal
Vol 11 No 2 (2022): Economic Education Analysis Journal

Profile of Pedagogical Content Knowledge (PCK) of Accounting Subject Teachers at State Vocational High Schools




Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Pedagogical content knowledge (PCK) merupakan kompetensi spesifik guru yang merupakan perpaduan antara pengetahuan materi ajar (konten) dan cara mengajar (pedagogis) yang berkembang seiring waktu dan pengalaman. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis profil kemampuan PCK guru mata pelajaran akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif untuk mendeskripsikan kemampuan PCK guru mata pelajaran akuntansi. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu dengan cara mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penentuan sampel menggunakan sampling jenuh. Subyek penelitian ini adalah guru akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kabupaten Banyumas yang berjumlah 26 guru. Adapun simpulan hasil data kualitatif melalui pengumpulan data wawancara tiap responden adalah guru mengintegrasikan materi ajar (konten) dan cara mengajar (pedagogik) dengan baik. Di dalam proses pembelajaran, guru selalu memikirkan pembelajaran yang efektif dengan menggunakan fasilitas seperti komputer, LCD proyektor, dan internet diintegrasikan menggunakan model dan media pembelajaran yang cukup bervariasi dengan disesuaikan materi. Namun, ada beberapa yang perlu ditingkatkan, di antaranya kemampuan guru dalam melaksanakan diskusi kelompok secara efektif, menguasai materi seperti subject matter expert, serta mengatasi kesulitan belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

eeaj

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Manuscripts for Economic Education Analysis Journal should fall within one of the following categories: Research in economics education: Original theoretical and empirical studies dealing with the analysis and evaluation of teaching methods, learning attitudes and interests, materials, or processes. ...