Biodidaktika : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya
Vol 17, No 1 (2022)

ANALISIS KEMAMPUAN ARGUMENTASI PESERTA DIDIK

Silvia Delvi Hardini (Unknown)
Heffi Alberida (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2022

Abstract

Kemampuan argumentasi merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang harus dikuasai oleh peserta didik. Kemampuan argumentasi peserta didik perlu diukur untuk membantu guru dalam memilih model pembelajaran yang tepat dalam mengembangkan kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan argumentasi peserta didik di SMA N 1 V Koto Kampung Dalam. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Sampel dalam penelitian ini 52 orang peserta didik kelas XI IPA. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa lembar soal. Analisis data menggunakan persentase. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata kelas XI MIPA 2 lebih tinggi dibandingkan kelas XI MIPA 3. Kemampuan argumentasi kelas XI MIPA 2 cukup, dan kategori rendah untuk kelas MIPA 3. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan argumentasi peserta didik belum termasuk kategori kuat dan perlu ditingkatkan. Oleh karena itu, penting bagi peserta didik dan guru untuk saling berkolaborasi dalam mengasah kemampuan argumentasi agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

biodidaktika

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Social Sciences Other

Description

Biodidaktika : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya is a peer-reviewed journal that covers research and review articles in Biology and Biology ...