Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 5 (2022)

Pedoman Literasi Digital Guru untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini

Indah Sri Anggita (Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Hibana Yusuf (Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Naimah Naimah (Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Khamim Zarkasih Putro (Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2022

Abstract

Salah satu implikasi dari lemahnya literasi digital guru yaitu menurunya standar pencapaian kompentsi anak pada sektor kemampuan kognitif. Tujuan dalam penelitian ini adalah: meneliti literasi digital guru untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak di RA. Metode Penelitian yang digunakan menggunakna pendekatan kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah satu orang kepala sekolah, tiga orang guru kelas Tk A dan B, dengan 23 peserta didik. Teknik analisis data berupa induktif, meliputi tiga tahap yaitu redukasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan, adapun teknik validity menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi literasi digital guru untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak. Literasi digital guru dilakukan untuk meningkatkan standar pencapaian anak sesuai dengan kemendikbud 137. Ketiga implikasi literasi digital guru di RA  adalah yaitu guru mampu meningkatkan mutu pendidikan pada saat pembelajaran daring.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...