Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan
Vol 22, No 2 (2022)

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning

Aminah, Muh, Rego Aminah, Yahya, Devilla (SMP Negeri 9 Satap Liukang Tangaya Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana STKIP Pembangunan Indonesia, Makassar1. STKIP Pembangunan Indonesia, Makassar2,3)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini mengatahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif melalui model pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran IPS siswa kelas IX SMP Negeri 9 Satap Liukang Tangaya tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian siswa kelas IX SMP Negeri 9 Satap Liukang Tangaya, sebanyak 26 orang. Teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, pengajian data, menarik kesimpulan. Hasil temuan menunjukan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa pada setiap siklus, persentase siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif meningkat. Hal tersebut dapat ditunjukkan pada kemampuan siswa yang sudah berada pada kelompok baik pada akhir siklus untuk kemampuan berpikir kreatif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran IPS siswa kelas IX SMP Negeri 9 Satap Liukang Tangaya sangat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif

Copyrights © 2022