Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan soal matriks ditinjau dari gaya belajar. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek 20 siswa kelas XI di MAN 4 Karawang. Teknik dalam pengumpulan data penelitian yaitu Instrumen berupa 3 soal uraian dan lembar kuesioner berpikir kreatif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan berpikir kreatif dapat memenuhi indikator fluency siswa yang mampu menghasilkan banyak ide dengan memperhatikan jawaban dan kesusaian materi yang diberikan, flexibility kurang kreatifnya siswa dalam menghasilkan jawaban yang bervariasi untuk menyelesaikan permasalahan pada soal matriks dalam bentuk persamaan invers matriks, dan orginality siswa cukup baik dalam memecahkan masalah soal matriks dari semua indikator dapat ditinjau dari gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik.
Copyrights © 2022