PRISMA
Vol 11, No 1 (2022): PRISMA Volume 11, No 1 Tahun 2022

Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matriks Ditinjau dari Gaya Belajar Pada Siswa Kelas XI

Widiastuti, Sinta (Unknown)
Imami, Adi Ihsan (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan soal matriks ditinjau dari gaya belajar. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek 20 siswa kelas XI di MAN 4 Karawang. Teknik dalam pengumpulan data penelitian yaitu Instrumen berupa 3 soal uraian dan lembar kuesioner berpikir kreatif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan berpikir kreatif dapat memenuhi indikator fluency siswa yang mampu menghasilkan banyak ide dengan memperhatikan jawaban dan kesusaian materi yang diberikan, flexibility kurang kreatifnya siswa dalam menghasilkan jawaban yang bervariasi untuk menyelesaikan permasalahan pada soal matriks dalam bentuk persamaan invers matriks, dan orginality siswa cukup baik dalam memecahkan masalah soal matriks dari semua indikator dapat ditinjau dari gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...