Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 5, No 2 (2022)

Konstruksi Integrasi Islam dan Ilmu Matematika dalam Implementasi Kurikulum Pendidikan Matematika UIN Suska Riau

Memen Permata Azmi (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Azwir Salam (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis pencapaian integrasi islam dan ilmu matematika dalam rencana, proses, dan penilaian pembelajaran; memperoleh konstruksi integrasi islam dan ilmu matematika dalam rencana, proses, dan penilaian pembelajaran; dan menganalisis faktor-faktor yang mempercepat atau memperlambat pencapaian integrasi islam dan ilmu matematika dalam implementasi kurikulum di program studi Pendidikan Matematika UIN Suska Riau. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif eksploratif. Subjek penelitian adalah dosen pendidikan matematika UIN Suska Riau yang mengajar mata kuliah pada bidang analisis, geometri, statistika, aljabar, matematika terapan, dan matematika sekolah. Data dikumpulkan menggunakan teknik angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil peneltian menunjukkan bahwa pencapaian integrasi islam dan ilmu matematika dalam proses implementasi kurikulum tergolong tinggi saat menyusun rencana pembelajaran semester, dan rendah pada saat melakukan proses pembelajaran dan penilaian. Selain itu drumuskan enam jenis konstruksi model integrasi islam dan ilmu matematika. Faktor penghambat utama dalam pencapaian integrasi islam dalam ilmu matematika adalah tidak adanya atau minimnya referensi/buku panduan tentang cara menerapkan integrasi islam dengan ilmu matematika; sulitnya mencari permasalahan keislaman yang bisa diintegrasikan dengan materi pembelajaran matematika; dan kurangnya pelatihan mengenai integrasi keislaman dan ilmu matematika

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...