Gaya kepemimpinan dipandang sebagai kombinasi dari berbagai karakteristik, sifat dan perilaku yang digunakan oleh pemimpin untuk berinteraksi dengan bawahannya. Artikel ini berfokus pada analisis pada tingkat persepsi guru terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah. Penelitian dilakukan pada tahun 2021 di Sekolah Dasar Negeri 28 Sungai Lansek. Penelitian yang dipaparkan dalam artikel ini merupakan penilitian dengan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik kepemimpinan kepala Sekolah Dasar Negeri 28 Sungai Lansak di Kabupaten Sijunjung didasarkan pada empat dimensi dalam Teori Kepemimpinan Transformasional, yaitu pengaruh gagasan, stimulasi intelektual, motivasi inspirasional dan penilaian individu. Hasil yang ditunjukkan dalam analisis data dari penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah memiliki gaya kepemimpinan yang sangat baik sebagai pemimpin sekolah. Hal ini dibuktikana dengan persepsi guru terhadap empat dimensi kepemimpinan kepala sekolah tersebut berada pada kategori sangat baik.
Copyrights © 2022