Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Vol 6, No 4 (2022)

PENGARUH MEDIA CIRCLE NUMBER TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA KINALI KECAMATAN KINALI KABUPATEN PASAMAN BARAT

Gusti Emiliya Sari (Universitas Riau, Pekanbaru)
Enda Puspitasari (Universitas Riau, Pekanbaru)
Yeni Solfiah (Universitas Riau, Pekanbaru)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2022

Abstract

Artikel ini melaporkan penelitian tentang pengaruh media Circle Number terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kinali Kecamatan Kinali. Penelitian yang dipaparkan dalam artikel ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang berbentuk eksperimen dengan model penelitian one grup pretest posttest design. Subjek penelitian melibatkan 15 anak kelas B yang terdiri atas 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah kemampuan mengenal konsep bilangan terhadap anak usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Tes dijadikan sebagai teknik pengumpulan data, data yang didapat kemudian diolah menggunakan uji-t untuk melihat perbandingan pretest dan posttest. Dari hasil penelitian yang didapatkan nilai pretest lebih kecil dibandingkan dengan nilai posttest. Dan dengan nilai N-Gain berada dalam kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Circle Number berpengaruh dalam kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kinali.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PJR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan ...