Indonesian Journal of Education and Learning
Vol 5, No 2 (2022): Indonesian Journal of Education and Learning

PELAYANAN PRIMA BERBASIS DIGITAL MELALUI APLIKASI SISMANDASA DI SMAN 10 MALANG

Husnul Chotimah (SMAN 10 Malang)
Avo Satriyatma (SMAN 10 Malang)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2022

Abstract

Berkenaan dengan perkembangan teknologi, digitalisasi pendidikan adalah suatu konsekuensi logis dari perubahan zaman. Tidak terdapat satupun pihak yang dapat memprediksi bahwa teknologi akan diadopsi begitu cepat oleh industri dan masyarakat. Keberhasilan program digitalisasi pendidikan, sangat bergantung kepada kesiapan setiap aspek, baik lembaga maupun sumber daya manusia, khususnya aspek infrastruktur. Terkait infrasutruktur pendidikan, ada tiga aspek yang setidaknya dapat dikatakan cukup baik dalam merespon pendidikan berbasis digital, yakni regulator, pengajar atau guru, dan peserta didik. Hal inilah yang dilakukan di SMAN 10 Malang yaitu mengimplementasikan sekolah berbasis digital. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelayanan prima bagi warga sekolah dan masyarakat, melalui deskripsi kualitatif. Implementasi aplikasi SISMANDASA di SMAN 10 Malang pada tahun pelajaran 2019/2020, terbukti efektif dalam memberikan pelayanan prima bagi “pelanggan”. Peningkatan prestasi nilai peserta didik berkorelasi positif dengan ketuntasan guru mengajar, kehadiran guru dan tenaga kependidikan serta penurunan kasus pelanggaran yang terjadi.  AbstractBased on technology development,education of digitalization is logic consequences from Era changing. There is no person can predict that technology will be adopted fast by industry and society. Education of digitalization success program,is determined by readiness of every aspect,not only institute but also human resources,especially infrastructure aspect. Based on education of infrastructure,there are 3 aspects that can be said very good in responding digital basis education,they are regulator,teacher and students.the digital basis education has been done in SMAN 10 Malang. It implements school of digital basis. The purpose of this research is describe the first rate service to school community and society,through qualitatif description. Implementation SISMANDA application of 2019/2020 academic year in SMAN 10 Malang,is proved effectively in giving first rate service for "customer". The increasing of score achievement of students correlates positive with completeness of teachers in teaching, teachers and education staff attendance, also the decreasing of infraction case that happen.

Copyrights © 2022