Penelitian ini di latar belakangi kurang berkembangnya rasa percaya diri anak kelompok B. Perbedaan pola belajar di sekolah dan di rumah ini menjadi faktor utama yang mengakibatkan rasa percaya diri anak tidak berkembang dengan maksimal, serta kegiatan-kegiatan yang dilakukan di sekolah pun kurang menarik. Maka dari itu, tujuan dilakukannya penelitian ini ialah guna mengetahui seberapa efektif metode edutainment untuk meningkatkan rasa percaya diri anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Telkom Schools Padang. Metode pada penelitian ini digunakan ialah kuasi eksperimen melalui desain penelitianNonequivalent control group design. Sampel dari penelitian ini menggunakan 20 anak dimana 10 anak pada kelas eksperimen dan 10 anak pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah berupa tes perbuatan. Kemudian teknik analisis data memakai uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Kemudian, pengujian hipotesis menggunakan uji t-test menggunakan aplikasi SPSS versi 22 for windows. Hasil dari penelitian dengan menggunakan uji t menunjukkan tingkat siginifikan sebesar 0,017. Kemudian, hasil perhitungan uji effect size dapat disimpulkan bahwa besarnya pengaruh metode edutainment untuk peningkatan kepercayaan diri anak ialah sebesar 1,36 yang tergolong tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaaan metode edutainment efektif dalam meningkatkan rasa percaya diri anak.
Copyrights © 2022