Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 5, No 2: Juni 2022

LEARNING OBSTACLES MATERI HUBUNGAN ANTAR GARIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Ayundari Agustiana Prastiwi (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan belajar yang dialami oleh siswa di SD Negeri 32 Talang Kelapa pada materi hubungan antar garis. Jenis learning obstacle yang difokuskan pada penelitian ini adalah ontogenic obstacle, didactical obstacle, dan epistemologi obstacle. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan instrumen berupa tes pada materi hubungan antar garis, analisis RPP dan wawancara. Learning Obstacles diperoleh dengan menganalisis learning obstacle yang dialami oleh siswa dilihat dari 3 (tiga) aspek yaitu tes diagnostik learning obstacle, analisis RPP, dan wawancara dengan guru kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 32 Talang Kelapa sebagai responden yang mengikuti tes diagnostik learning obstacle dan guru kelas IV sebagai responden dalam wawancara. Hasil penelitian ini ditemukan hambatan belajar yang dikategorikan menjadi 3 jenis yaitu ontogenic obstacle, didactical obstacle, dan epistemologi obstacle. Jenis learning obstacle yang dialami oleh siswa yaitu kurangnya penguasaan konsep dasar dan prasyarat pendukung materi dan kesulitan dalam menyelesaikan soal yang menjadi ontogenic obstacle, didactical obstacle terkait perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru, dan epistemologi obstacle yakni keterbatasan konteks pemahaman yang dimiliki siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal elementary merupakan jurnal yang memuat naskah atau hasil penelitian di bidang Pendidikan Dasar yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UM Mataram dan terbit pertama kali Januari 2018. Jurnal Elementary diperuntukan untuk mempublikasikan tulisan Dosen ...