Penelitian yang berjudul “Kreativitas guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada mata pelajaran matematika di MIS Yapni Tanjung morawa Kabupaten deli serdang. Yang dilatar belakangi bahwa hasil belajar peserta didik pada mata pelejaran Matematika cukup memprihatinkan dan kegiatan pembelajaran yang berlangsung dikelas tatap muka terbatas pada kegiatan menyimak dan berceramah saja. Padahal, tuntutan kurikulum kemampuan yang hendak dicapai adalah berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriftif. Responden dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, wali kelas dan siswa.teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi, sedangkan penyajian keabsahan data dilakukan dengan memfokuskan pada hal – hal yang menjadi pokok bahasan, analisis dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiaan ini menunjukkan bahwa: 1) keterampilan guru sudah mulai berkembang untuk menerapkan kreativitas dalam pembelajaran sudah cukup baik. Guru sudah menerapkan berbagai metode yang bervariasi agar siswa dalam belajar mudah memhami dan berkurangnya kesulitan belajar pada siswa. 2) penerapan kreativitas guru sudah sangat dilakukan guru untuk membuat siswa nyaman belajar dan memhami pembelajaran dengan baik dengan menerapkan berbagai media atau metode untuk mengembangkan kreativitas bagi seorang guru. 3) adapun kendala yang dihadapi guru saat diterapkannya kreativitas belajar dalam mengembangkan sebuah media pembelajaran yaitu cakupan tentang sarana dan prasarana sekolah yang kurang mendukung agar berjalan baik.salahsatunya adalah kurangnya alat atau pun media belajar yang disediakan oleh pihak sekolah untuk menunjang pembelajaran tersebut.Kata kunci : Kreativitas Guru, Kesulitan Belajar, Pembelajaran Matematika.
Copyrights © 2022