Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memberikan analisis terhadap dampak pembelajaran jarak jauh tingkat sekolah menengah atas pada masa pandemic covid-19 . Kajian ini penting dilakukan guna mengeksplor dampak pembelajaran jarak jauh secara mendalam kemudian mengukur kelazimannya dan menemukan solusi yang tepat dalam pelaksanaan pendidikan di beberapa daerah terutama pada tingkat sekolah menengah atas di kabupaten tanjung jabung timur dan kota jambi. Metode yang digunakan adalah mixed methods dengan desain exploratory design serta model instrument development model dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dalam form online yang disebarkan melalui whatsapp, sehingga diperoleh sebuah kesimpulan bahwa pembelajaran jarak jauh (pjj) merupakan salah satu metode pembelajaran yang disarankan sebagai bentuk penerapan kebijakan physical distancing di tengah wabah covid-19. Namun implementasi pembelajaran jarak jauh ini memiliki kendala diantaranya jaringan tidak memadai, peserta didik kurang paham dengan materi pembelajaran, pelajar merasa kurang semangat mengikuti pembelajaran daring, keterbatasan fasilitas dalam pembelajaran daring menyulitkan pelajar dan kuota internet mahal, sehingga peningkatan keberhasilan pembelajaran masih minim dan tidak efektif menjadikan pembelajaran kurang optimal dan mutu pendidikan tidak tercapai secara total. Kata Kunci : Analisis, Pembelajaran Jarak Jauh, Pandemi Covid-19
Copyrights © 2022