Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V MIN 4 Kerinci. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dua kali tatap muka. Subjek penelitian yakni siswa kelas V MIN 4 Desa Tanjung Genting Kerinci. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada proses pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan KKM siswa pada setiap siklusnya. Rata-rata pada siklus I sebesar 58%, dan pada siklus II sebesar 74%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa MIN 4 Desa Tanjung Genting Kerinci. Kata kunci: demonstasi, metode pembelajaran, hasil belajar
Copyrights © 2022