ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia kelas XI Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Koto Rendah Kabupaten Kerinci melalui penerapan metode pembelajaran discovery learning. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tahapan dalam tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Koto Rendah Kecamatan Siulak Kabupaten Kerinci. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran Discovery Learning dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat pada setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia meningkat pada setiap siklusnya. Dimana nilai rata-rata yang diperoleh oleh siswa MAS Kerinci pada siklus I sebesar 68,09, lalu pada siklus ke II meningkat menjadi 74,81. Dengan demikian dapat diketahui bahwa penerapan media pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MAS Koto Rendah Kecamatan Siulak Kabupaten Kerinci. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Discovery, Hasil Belajar
Copyrights © 2022