Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi
Vol 6, No 1 (2022): Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi

Pengaruh Metode Active Learning Tipe Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Ekonomi di SMA PGRI Prabumulih

Rizal Hadi (UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG)
Erma Yuliani (Universitas PGRI Palembang)
Hendri Gunawan (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh “active learning tipe quiz team terhadap hasil belajar ekonomi di SMA” PGRI Prabumulih. Metode penelitian adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data” berupa  observasi, dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa kelas eksperimen menggunakan” metode acitive learning jenis quiz team sebesar 86,7 dikategorikan sangat aktif, sementara siswa kelas kontrol menggunakan metode ceramah sebesar 68,8 dikategorikan cukup aktif. “Rata-rata hasil belajar siswa kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol” atau 83,58 > 72,63. Sedangkan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung = 4,391 > ttabel = 1,679 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan metode active learning tipe” quiz “team terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di” SMA PGRI Prabumulih tahun pelajaran 2021/2022.” 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

neraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi was first printed in Juni 2017 with register number ISSN 2580-2690 (Print), 2615-3025 (Online) and published bay study program education accounting FKIP University PGRI of Palembang. Journal of Neraca include the results of the qualitative ...