NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 9, No 6 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

A VISUAL DISCOURSE ANALYSIS OF THE CHILDREN'S PICTURE BOOK "BROWN BEAR, BROWN BEAR, WHAT DO YOU SEE?"

Fatima Kamila (Prodi Linguistik, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia)
Lea Santiar (Prodi Linguistik, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2022

Abstract

Buku “Brown Bear, Brown Bear What Do You See?” (1967) yang ditulis oleh Bill Martin, Jr. dan diilustrasikan oleh Eric Carle adalah salah satu buku anak-anak yang paling terkenal hingga saat ini. Buku ini dinilai memiliki banyak manfaat bagi para pembacanya. Tidak hanya teks, visual yang ditampilkan dalam buku ini juga memiliki peran penting dalam meningkatkan kefasihan membaca anak. Untuk itu, peneliti ingin mengkaji teknik visual apa saja yang digunakan penulis dan ilustrator yang dapat membangkitkan minat pembaca untuk membaca buku tersebut. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan dengan metode analisis teks media, yaitu analisis wacana multimodalitas. Dari hasil interpretasi data, ada tiga pola utama yang ditemukan. Pertama, semua gambar binatang yang mendominasi isi buku memiliki posisi, shot, angle, proximity, style, dan warna yang sama. Selanjutnya, pola kedua adalah dua visual manusia, yaitu gambar seorang guru dan beberapa siswa, ditampilkan dalam posisi langsung. Terakhir, semua visual menggunakan warna yang berbeda tetapi semuanya bersemangat. Kesimpulannya, pilihan visual dalam buku ini bisa dikatakan cukup baik dalam mendukung minat pembaca. Semua pola yang disajikan memiliki alasan yang mendukung tujuan tersebut.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...