Penelitian ini beranjak dari fenomena terdapatnya peserta didik yang kurang terampil dalam sosialnya di mana ada siswa yang pediam jika tidak di ajak bicara terlebih dahulu ia tidak akan memulai pembicaraan, siswa yang pemalu, tidak saling menyapa, tidak perduli dengan lingkuangan sekiatarnya dan emosian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah efektifitas teknik role playing dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa MAN 2 Bukittinggi. Tujuan akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbebedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan tekik role playing untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa MAN 2 Bukittinggi. Penelitian ini adalah penelitian Pre Ekperimen model the static group comparation desigen, populasi adalah siswa IPA 1dan IPA 2 sebanyak 80 orang , sedangkan sampel penelitian adalah 10 orang kelompok eksperimen dengan pemberian metode teknik role playing dan 10 orang kelompok kontrol dengan metode diskusi. Pengambilan sampel siswa yang terindikasi masalah keterampilan sosial berdasarkan teknik random sampling dimana peneliti mengambil secara acak dari populasi yang sudah melakukan uji normalitas, homogenitas dan linear. Instrument pengumpulan data adalah skala likert. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon, sedangkan persyaratan analisis data menggunakan uji hipotesis menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian yang telah diketahui dari hasil nilai uji Z (wilcoxon) menunjukkan perbedaan antara nilai pretest dan posttest. Dari hasil perhitungan uji wilcoxon diperoleh nilai signifikan p-value sebesar 0,005. Berdasarkan ketentuan yang berlaku. Diketahui hasil uji wilcoxon Sig p-value sebesar 0,005 < ? (? =0,05) yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil perhitungan uji wilcoxon dapat disimpulkan bahwa keterampilan sosial meningkat setelah diberikan perlakuan yaitu layanan bimbingan kelompok dengan mengunakan teknik role playing.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022