JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Dampak Pendidikan Karakter untuk Mengelola Emosional Peserta Didik di Kelas V

Selfi Rahmi Andini (Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang)
Vianes Muliza Putri (Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang)
Desyandri Desyandri (Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang)
Irdamurni Irdamurni (Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2022

Abstract

Pendidikan karakter ialah kunci utama yang harus diterapkan pada pembelajaran agar peserta didik memiliki akhlak yang baik. Akhlak yang baik sangat memiliki peran besar dalam keberlangsungan hidup masing-masing individu. Pendidikan karakter ini ialah jembatan untuk mengelola serta mengendalikan emosi peserta didik. Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk mendapatkan informasi tentang dampak pendidikan karakter untuk mengelola emosional peserta didik di Kelas V SDN 04 Birugo Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode survey agar bisa mengetahui dan mengukur dampak dari pendidikan karakter untuk mengelola emosional peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dengan total responden dari 50 orang (peserta didik dan wali murid). Penelitian ini menunjukkan dampak karakter pada emosional peserta didik. Hasil dari data menunjukkan bahwa dengan menerapkan pendidikan karakter ini di sekolah bisa membuat peserta didik mengatur atau mengelola emosinya. Oleh karena itulah pendidikan karakter ialah kunci utama yang harus dimiliki peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...