JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Inovasi Media E- Magazine untuk Stimulasi Kemampuan Sains Anak Usia Dini

Vivi Anggraini (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universita Negeri Padang)
Adi Priyanto (Pendidikan Sejarah, STKIP Abdi Payakumbuh)
Yulsyofriend Yulsyofriend (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universita Negeri Padang)
Indra Yeni (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universita Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2022

Abstract

Artikel ini membahas perkembangan sains melalui penggunaan E-magazine siswa TK berusia 5-6 tahun. Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan yang dilakukan pada siswa kelompok B di kota Bukittinggi. Pandemi Covid-19 merupakan wabah yang menyerang dunia global. Pendidikan anak usia dini salah satu ranah yang merasakan dampak sangat besar dari pandemic covid-19. Berdasarkan hasil observasi di Taman Kanak-kanak pada kelompok B di Kota Bukittinggi memperlihatkan bahwa: 1) 77,47% Anak belum mampu menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik. Hal ini terlihat ketika mereka belum mampu menunjukkan aktivitas apa yang terjadi jika air ditumpahkan. 2) 85,35 % anak belum mampu memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang fleksibel dan diterima sosial. 3) 78, 47% Anak kurang mampu mengklasifikasikan berdasarkan warna, bentuk dan ukuran. 4) 86,25% Anak belum mampu mengenal sebab akibat tentang lingkungannya, hal ini terlihat ketika anak tidak mengenal tentang angin bertiup menyebabkan daun bergerak. Pada masa ini kemampuan sains anak yang masih sulit untuk berpikir kritis. Idealnya sains dapat menstimulasi berpikir kritis, karena dengan sains anak tidak begitu saja menerima atau menolak sesuatu serta anak akan mampu mengenal benda yang ada disekitarnya dengan penuh rasa ingin tahu. Dengan sains anak mengamati, menganalisis dan mengevaluasi informasi yang ada sebelum menentukan keputusannya. Akibat yang dirasakan ketika kemampuan sains anak rendah sehingga perlu upaya agar kemampuan sains anak usia dini dapat terstimulasi dengan optimal. Penelitian ini memiliki langkah-langkah sebagai berikut: (1) analisis kebutuhan, (2) membuat model desain, (3) pengembangan model, (4) tahap uji coba 1, (5) model revisi 1, (6) tahap uji coba model 2, (7) model revisi 2, (8) uji coba lapangan, (9) revisi dan finalisasi. Hasil berdasarkan studi ahli, pengujian kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar menggambarkan bahwa kegiatan pengembangan kemampuan sains anak melalui pengggunaan E-magazine

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...