JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Analisis Sentimen Evaluasi Pembelajaran Tatap Muka 100 Persen pada Pengguna Twitter menggunakan Metode Logistic Regression

Saiful Anwar Assaidi (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Stikubank)
Fatkhul Amin (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Stikubank)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Perkembangan Machine learning semakin pesat seiring dengan bertambah banyaknya data yang ada di internet terutama dari media sosial seperti facebook, twitter dan Instagram. Diantara banyak topik yang dibahas di media sosial, topik tentang Evaluasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) serratus persen di indonesia sempat hangat. Banyak masyarakat yang berpendapat mengenai evaluasi PTM terutama di media sosial twiter. banyaknya data yang tidak teratur dan berbeda pola serta makna sehingga sulit mengetahui pendapat yang disampaikan tersebut termasuk pendapat positif yang pro terhadap PTM atau sebaliknya, negatif yang kontra terhadap PTM. Machine Learning bisa mengolah data yang banyak dan tidak teratur untuk menghasilkan sebuah output dengan cepat. Tujuan penelitian ini agar menghasilkan sebual model yang dapat membantu mengklasifikasi opini masyarakat terkait topik evaluasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) seratus persen kedalam sentiment negatif atau positif, biasa disebut dengan analisis sentimen. Klasifikasi termasuk dalam jenis supervised learning dalam machine learning. Logistic Regression merupakan metode machine learning yang dapat digunakan untuk membuat model Klasifikasi yang bisa digunakan untuk melakukan analisis sentimen. Hasil dari Analisis Sentimen menggunakan metode Logistic Regression pada penelitian ini menghasilkan nilai accuracy sebesar 78,57%, precision 76,92%, recall 83,3 % dan nilai F1-Score sebesar 80%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...