JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar berbasis Online terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Telkom Pekanbaru

Utari Melani Putri (Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau)
Gimin Gimin (Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau)
Hendripides Hendripides (Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan sumber belajar berbasis online terhadaphasil belajar mata pelajaran Akuntansi Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Telkom Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Telkom Pekanbaru dengan jumlah 55 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 49 siswa dengan teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang disebarkan melalui google form dan dianalisis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber belajar berbasisi online berpengaruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Akuntansi siswa Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Telkom Pekanbaru dengan persamaan regresi Y = 57,938 + 0,365 X dan memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 61,3%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...