JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

The Effect Of Sales Promotion And E-Service Quality On Repurchase Intention Of Economic Education Students

Elvina Apridilla Welda (Economic Education Studies Program Department of Social Science Education Faculty of Teacher Training and Education Riau University)
Almasdi Syahza (Economic Education Studies Program Department of Social Science Education Faculty of Teacher Training and Education Riau University)
Hardisem Syabrus (Economic Education Studies Program Department of Social Science Education Faculty of Teacher Training and Education Riau University)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2022

Abstract

Perkembangan teknologi yang kian pesat membuat kehidupan menjadi serba modern dan praktis. Pencarian informasi merupakan salah satu tahapan yang dilakukan oleh konsumen sebelum timbul minat beli. Hal ini mengindikasikan masih rendahnya minat beli konsumen akan mempengaruhi minat pembelian ulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi penjualan dan e-service quality terhadap minat beli ulang konsumen pada Shopee dikalangan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau tahun angkatan 2018 sampai dengan 2020. Dengan populasi sebanyak 78 orang dari hasil obesrvasi. Sampel yang diambil sebanyak 44 responden yang pernah melakukan pembelian ulang di Shopee. Prosedur pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probabilitay dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi, uji regresi linier sederhana, uji regresi linier berganda, koefisien determinasi (R2), signifikansi uji t dan uji f dengan bantuan program IBM SPSS versi 25.0. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa promosi penjualan dan e-service quality berpengaruh terhadap minat beli ulang terbukti melalui pengujian regresi dari variabel promosi penjualan sebesar 0,102 yang berarti jika terjadi peningkatan pada variabel promosi penjualan, maka penilaian responden terhadap minat beli ulang akan mengalami peningkatan sebesar 0,102 dan nilai koefisien variabel e-service quality adalah sebesar 0,703 yang berarti jika terjadi peningkatan pada variabel e-service quality, maka penilaian responden terhadap minat beli ulang juga akan meningkat sebesar 0,703. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa semakin baik promosi penjualan dan e-service quality maka akan semakin meningkat minat beli ulang pada Shopee. Dan hasil koefisien determinasi berganda sebesar 57,7%. Hal ini berarti bahwa pengaruh promosi penjualan dan e-service quality terhadap minat beli ulang minat beli ulang Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau pada Shopee adalah sebesar 57,7%. Sedangkan sisanya 42,3 % di pengaruhi variabel lain yaitu harga, kepuasan pelanggan, preferensi merek dan lingkungan fisik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...