Jurnal Basicedu
Vol 6, No 4 (2022): August Pages 5501-7663

Hubungan Kecanduan Game Online dengan Minat Belajar Anak Usia Sekolah di Masa Pandemi Covid-19

Ernawati Siagian (Universitas Advent Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2022

Abstract

Bermain game online selama pandemi COVID-19 telah menimbulkan kekhawatiran terhadap motivasi belajar anak. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh akibat bermain game online terhadap minat belajar dari para siswa selama masa pandemi Covid-19, dengan menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa sekolah menengah pertama berusia 13-15 tahun berjumlah 89 orang yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data kemudian diolah secara univariat dengan menggunakan frekuensi dan presentasi dan secara bivariat dengan menggunakan rumus Pearson rank product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori kecanduan bermain game online sebesar 48,3%. dan minat belajar berada pada kategori sedang (58,4%). Analisis menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara game online dengan minat belajar dengan nilai p value 0,077 > 0,05. Diharapkan agar orang tua dan guru dapat memberikan arahan terkait game online sehingga minat belajar para siswa dan anak mereka dapat ditingkatkan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...