Rancangan penelitian ini memakai jenis penelitian kuantitatif eksperiment memakai metode Pre-Eksperimental Design (non-designs) dan menggunakan tipe One-Grup Pretest-Posttest Design. Populasi Penelitian ini yakni semua siswa kelas IV SDN Kalideres 14 Petang yang meliputi 1 kelas serta sampel yang dipakai di penelitian ini ialah sampel jenuh. Sesudah penelitian di siswa kelas IV SDN Kalideres 14 Petang dengan materi menulis puisi terdapat peningkatan yang signifikan terhadap keterampilan menulis puisi yang menggunakan metode sugesti imajinasi. Hasil perhitungan keterampilan menulis puisi kelompok Pre-Test diperoleh rata-rata sebesar 61,38 dan Post Test sebesar 77,38. Melalui pemakaian metode Sugesti Imajinasi, diharapkan hendak timbul reaksi berbentuk kemampuan menatap gambaran peristiwa dengan imajinasi serta logika yang dipunyai siswa, di tuangkan kembali melalui memakai kosa kata kedalam suatu puisi.
Copyrights © 2022