Artikel bertujuan untuk mendeskripsikan ketercapaian kemampuan literasi matematis siswa SMK dalam menyelesaikan soal jenis PISA konten quality dan konten change and relationship, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan pemilihan sampel yang memperhatikan tujuan penelitian. Pemilihan sampel melibatkan 15 orang siswa yang diambil dari salah satu SMK di wilayah Rengasdengklok yang kemudian dikategorikan berdasarkan kategori kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Data yang diperoleh kemudian direduksi dan dianalisis secara kualitatif dengan memperhatikan indikator kemampuan literasi matematis. Hasil dari penelitian memperlihatkan bahwa siswa berkemampuan tinggi mampu menunjukkan kemampuan literasi matematika yang cukup baik yaitu siswa mampu memenuhi keempat indikator literasi matematis yaitu merumuskan, menerapkan, menafsirkan dan mengevaluasi. Siswa berkemampuan sedang hanya mampu memenuhi dua indikator literasi matemats, yaitu merumuskan dan menerapkan. Siswa berkemampuan rendah hanya memenuhi satu indikator literasi matematis yaitu merumuskan.
Copyrights © 2022