Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol. 5 No. 1 (2022): Mei

Instrumen E-Assessment Berbasis Quizizz tentang Materi Sistem Koordinasi untuk Kelas XI SMA/MA

Indah Nurhidayah (Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia)
Ardi (Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2022

Abstract

Pembelajaran daring mengharuskan adanya transisi proses pembelajaran melalui sistem online, termasuk dalam proses asesmen hasil belajar. Namun, guru masih jarang memanfaatkan aplikasi untuk asesmen online (e-assessment). Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan instrumen e-assessment berbasis Quizizz tentang materi sistem koordinasi untuk kelas XI. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D. Subjek penelitian terdiri dari 2 orang dosen biologi dan 1 orang guru Biologi. Data diperoleh melalui angket validasi dan angket uji praktikalitas dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan nilai rata-rata validitas logis dari segi materi adalah 93,75% dengan kriteria sangat valid dan pada aspek konstruksi diperoleh nilai rata-rata 91,47% dengan kriteria sangat valid. Ditinjau dari segi aspek bahasa didapatkan nilai rata-rata 92,50% dengan kriteria sangat valid dan pada aspek kegrafikan diperoleh nilai rata-rata  92,50% dengan kriteria sangat valid. Rata-rata nilai validitas yang diperoleh sebesar 92,85% dengan kriteria sangat valid. Hasil rata-rata nilai praktikalitas oleh guru sebesar 97,70% dengan kriteria sangat praktis dan peserta didik sebesar 84,80% dengan kriteria sangat praktis. Maka, dihasilkan instrumen e-assessment berbasis Quizizz tentang materi sistem koordinasi untuk kelas XI yang valid dan praktis. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh guru sebagai instrumen asesmen dalam pembelajaran biologi di sekolah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...