Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA
Vol 5 No 2 (2022): April-Juni

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Simulasi PhET Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMAN 1 Donggo

Bung Ashabul Qahfi (Unknown)
Rahmatillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2022

Abstract

Sains dan teknologi di abad ke-21 telah mencapai kemajuan besar. Kemajuan ini menuntut adanya kemampuan siswa agar mampu menemukan dan menyelidiki data untuk mengatasi masalah yang terjadi. Kemampuan yang dimaksud adalah kemampuan berpikir kritis dengan aspek memberikan klarifikasi, membangun kemampuan awal, dan memutuskan. Kemampuan berpikir kritis merupakan berpikir cerdas yang menyoroti pada menyimpulkan aktivitas yang harus diterima atau sesuatu yang harus dilakukan. Sampel penelitian yang digunakan yakni kelas VII 1 dan VII 2 di MTs Al-Ikhlas Donggo. Jenis penelitian yakni kuantitatif statistik deskriptif dengan desain quasi-eksperimen (one group pretest-posttest). Artikel ini bermaksud untuk mengetahui Dampak Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Simulasi PhET pada Keterampilan Berpikir Kritis Siswa MTs Al-Ikhlas Donggo Kabupaten Bima.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpmpi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA (JPMPI) |e-ISSN: 2655-5263| merupakan Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat dan penerapan Ipteks yang memuat publikasi hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat, model atau konsep dan atau implementasinya dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat dalam ...