Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa SMP kelas VIII di Pondok Pesantren Abu Hurairah Mataram dengan menggunakan model pembelajaran ADDIE, dimana Model pembelajaran ADDIE merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa dan dapat memfasilitasi siswa dalam mengembangkan proses sains berdasarkan tahapan yang sistematis. Metode pada penelitian ini yaitu berupa pretest dan protest yang dimana dilakukan sebelum dan sesudah pelaksaan pembelajaran. Adapun hasil belajar siswa dalam memahami konsep sains dengan memberikan materi fisika didapatkan sebesar 0,633 untuk kelas 8A, 0,635 untuk kelas 8C dan 0,687 untuk kelas 8D. Dari rata-rata nilai N-gain yang didapatkan bahwa hasil ini termasuk dalam kategori sedang dan persentasenya termasuk dalam tafsiran cukup efektif. Adapun dari hasil ini dapat disimpulkan penggunaaan metode ADDIE cukup baik karena terlihat juga dan keaktifan siswa dalam pelajran di kelas. Sehingga diharapakan bagi pengajar harus mampu memberikan materi yang bisa dan mudah dipahami oleh siswa terutama dalam media pembelajaran agar siswa tidak mudah jenuh dalam menerima pelajaran
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022