Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA
Vol 5 No 2 (2022): April-Juni

Melatih Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Dengan Menerapkan Model Pembelajaran ADDIE Pada Materi Getaran Dan Gelombang Untuk Smp Kelas VIII

Istiqomah (Unknown)
Jamaludin (Unknown)
Khusnul Auliya (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa SMP kelas VIII di Pondok Pesantren Abu Hurairah Mataram dengan menggunakan model pembelajaran ADDIE, dimana Model pembelajaran ADDIE merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa dan dapat memfasilitasi siswa dalam mengembangkan proses sains berdasarkan tahapan yang sistematis. Metode pada penelitian ini yaitu berupa pretest dan protest yang dimana dilakukan sebelum dan sesudah pelaksaan pembelajaran. Adapun hasil belajar siswa dalam memahami konsep sains dengan memberikan materi fisika didapatkan sebesar 0,633 untuk kelas 8A, 0,635 untuk kelas 8C dan 0,687 untuk kelas 8D. Dari rata-rata nilai N-gain yang didapatkan bahwa hasil ini termasuk dalam kategori sedang dan persentasenya termasuk dalam tafsiran cukup efektif. Adapun dari hasil ini dapat disimpulkan penggunaaan metode ADDIE cukup baik karena terlihat juga dan keaktifan siswa dalam pelajran di kelas. Sehingga diharapakan bagi pengajar harus mampu memberikan materi yang bisa dan mudah dipahami oleh siswa terutama dalam media pembelajaran agar siswa tidak mudah jenuh dalam menerima pelajaran

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpmpi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA (JPMPI) |e-ISSN: 2655-5263| merupakan Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat dan penerapan Ipteks yang memuat publikasi hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat, model atau konsep dan atau implementasinya dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat dalam ...