Penelitian ini berlatar belakang dari beragamnya nilai prestasi belajar matapelajaran ekonomi siswa kelas X SMAN 8 Muaro Jambi yang diduga sebagai akibatdari beragamnya perhatian siswa dalam proses pembelajaran. Disamping iturendahnya nilai prestasi diduga ada kaitannya dengan kemampuan awal siswa.Penelitian ini dilakukan melalui eksperimen dengan desain faktorial (2x2). Tahappenelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan analisis hasil penelitian.Tahap perencanaan meliputi; pembuatan kisi-kisi, butir soal dan pengujiannya, silabusserta rencana pelaksanaan pembelajaran. Tahap pelaksanaan meliputi; tes awal,perlakuan dan tes akhir. Sedangkan tahap evaluasi tahap analisis hasil penelitiandilakukan melalui analisis vaian 2 jalur dan metode Tukey.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media audio visualmemberikan hasil yang lebih berarti dibandingkan dalam konteks materipermasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dansistem ekonomi dalam pelajaran ekonomi. Kemampuan awal siswa sebagai variabelmoderator ikut memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswanamun kemampuan awal dapat berubah seiring terbentuknya struktur kognitif yangdiakibatkan rangsangan media. Namun hipotesis mengenai interaksi antara mediaaudio visual dengan kemampuan awal tidak signifikan. Hasil penelitian ini jugamemperlihatkan peningkatan hasil belajar, dan menyadari adanya kontribusikemampuan awal siswa dalam hasil belajar.
Copyrights © 2018