Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Kamarang. Pembelajaran IPA seharusnya memberikan kesempatan pada siswa untuk aktif dalam menemukan konsep pembelajaran. Melalui model discovery learning, siswa diarahkan untuk menemukan sendiri konsep pembelajaran. Untuk menemukan konsep pembelajaran tersebut, diperlukan media yang efektif, menarik, dan mudah digunakan. PhET Simulations (Phsycal Education and Technology) merupakan media simulasi, yang dapat memberikan pemahaman konsep pembelajaran IPA dengan lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model discovery learning berbantuan PhET Simulations terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode pre-experiment dengan rancangan one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah 18 orang siswa kelas IV SD Negeri 1 Kamarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dengan bentuk soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis diperoleh nilai t hitung 11,44 > t tabel 2,11, artinya Ho ditolak, dan hasil uji N-gain diperoleh nilai 0,62 (kriteria sedang). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model discovery learning berbantuan PhET Simulations terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini, dapat menjadi saran dan rekomendasi bagi penelitian selanjutnya, untuk mengembangkan penggunaan model discovery learning berbantuan PhET Simulations terhadap berbagai aspek hasil belajar yang lebih kompleks khususnya dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar.
Copyrights © 2022