Penelitian ini dilaksanakan untuk menciptakan bahan ajar ELKPD berbasis komik, mendeskripsikan tingkat kelayakan, keefektifan, kepraktisan, dan mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui penerapan E-LKPD berbasis komik. Jenis penelitian yaitu R&D. Model pengembangan 4D meliputi tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran oleh Thiagarajan. Uji coba terbatas dilakukan pada 20 peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahan ajar ELKPD berbasis komik dapat dikatakan layak, praktis, dan efektif dipakai sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dapat dilakukan melalui menyelesaikan permasalahan secara mandiri pada lembar kerja dan memberikan sebuah solusi. Peningkatan kemampuan berpikir kritis dapat diketahui dengan analisis nilai gain score dengan diperoleh skor 0,67 dalam kategori sedang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022