EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 4 (2022): August Pages 5501-6400

Respon Mahasiswa terhadap Aplikasi Tiktok Sebagai Salah Satu Media Pengembangan Media Pembelajaran di Universitas Kabupaten Brebes

Muhamad Toha (Universitas Muhadi Setiabudi)
Elinda Umisara (Universitas Muhadi Setiabudi)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2022

Abstract

Setiap pendidik selalu mempunyai keinginan bagaimana caranya agar ilmu pengetahuan yang akan diberikan kepada peserta didik diterima dengan baik. Belakangan ini kalau kita perhatikan ada suatu aplikasi tiktok yang banyak digunakan oleh mahasiswa-mahasiswi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah aplikasi tiktok bisa digunakan sebagai salah satu media pembelajaran atau tidak. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian deskriptif kualitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa dan mahasiswi sebanyak 150 di Kabupaten Brebes. Data diperoleh dengan cara pendidik memberikan beberapa pertanyaan tentang penggunaan aplikasi tiktok yang diketik melalui aplikasi whatshap kemudian dikirim ke setiap mahasiswa-mahasiswi untuk mengetahui respon mahasiswa apakah aplikasi tiktok bisa digunakan sebagai salah satu media pembelajaran di Universitas Kabupaten Brebes. Hasil penelitian ini diperoleh mahasiswa-mahasiswi mengenal dan menggunakan aplikasi tiktok. Mereka menganggap aplikasi tiktok menguntungkan dan menghibur.Mereka juga sangat menyukai aplikasi tiktok dan mereka beranggapan aplikasi tiktok mereka setuju apabila aplikasi tiktok ini digunakan sebagai salah satu media pembelajaran.Simpulan dari penelitian ini adalah mahasiswa-mahasiswi di Universitas Kabupaten Brebes mereka setuju bahwa aplikasi tiktok bisa digunakan sebagai salah satu pengembangan media pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...