EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 4 (2022): August Pages 5501-6400

Efektifitas Media Flashcard untuk Meningkatkan Pemahaman Kemandirian Belajar Peserta Didik

One Maoera Aziza (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Cici Yulia (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2022

Abstract

Flashcard merupakan salah satu media yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa media ini dapat membantu peserta didik memahami gambar dan foto serta memperlancar pemahaman dan ingatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas media flashcard untuk meningkatkan pemahaman kemandirian belajar peserta didik. Penelitian dilaksanakan dengan eksperimen untuk melihat perubahan sebelum dan sesudah perlakuan dengan media flashcard. Desain eksperimen yang digunakan adalah pre eksperimen dalam bentuk pretest dan posttest one group design. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 48 Jakarta dan melibatkan siswa kelas VIIC dengan jumlah 10 siswa, menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket yang diberikan saat pretest dan posttest. Analisis data menggunakan deskripsi data dan pengujian hipotesis dengan uji Wilxocon. Berdasarkan hasil dari perhitungan Wilcoxon Signed Rank Test, maka nilai Z yang didapat sebesar -2,807 dengan p value (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0,005 di mana kurang dari batas kritis penelitian 0,05 sehingga keputusan hipotesis adalah menerima H1 atau yang berarti terdapat perbedaan bermakna antara kelompok pretest dan posttest yang menggunakan flashcard. Dengan demikian, disimpulkan bahwa media flashcard efektif dalam meningkatkan pemahaman kemandirian belajar peserta didik. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...