Penelitian ini bertujuan untuk melihat (i) gambaran penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) pada mata pelajaran IPA dikelas V SDN KIP Maccini Makassar, (ii) gambaran kemampuan bekerjasama pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN KIP Maccini Kecamatan Makassar Kota Makassar sebelum dan sesudah diberikan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS (Think Pair Share), dan (iii) untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) terhadap kemampuan bekerjasama pada mata pelajaran IPA dikelas V SDN KIP Maccini Kecamatan Makassar Kota Makassar. Metode Penelitian menggunakan jenis penelitian true experiment (experimen penuh) dengan desain pretest-possttest control group design.Teknik pengumpulan data melalui observasi dankuesioner kemampuan bekerjasama. Populasinya adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 70 orang di SD KIP (Kampoeng Implementasi Program) Maccini Kecamatan Makassar Kota Makassar. Teknik penyampelan yang digunakan adalah Random sampling (acak sederhana) sehingga sebanyak 30 orang siswa dan kelompok kontrol sebanyak 30 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dan model pembelajaran langsung. Pada tahap Think (Berpikir Individu), Pair (Berpasangan/Berkelompok), Share (Berbagi/Presentasi) pada umumnya terlaksana dengan baik. Kemampuan bekerjasama siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN KIP (Kampoeng Implementasi Program) Maccini Kecamatan Makassar Kota Makassar sebelum penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) berada pada kategori rendah, setelah penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) berada pada kategori tinggi. Sedangkan pada kelompok kontrol berada pada kategori rendah ke kategori sedang. Penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) berpengaruh positif terhadap kemampuan bekerjasama pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN KIP (Kampoeng Implementasi Program) Kecamatan Makassar Kota Makassar.
Copyrights © 2022