Kemampuan menggambar siswa dalam menyelesaikan soal pembelajaran daring materi menggambar adalah salah satu masalah yang menjadi pembahasan pada penelitian ini. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode picture and picture pada materi menggambar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, melalui metode ini peneliti mencoba untuk menggambarkan situasi dan proses pada kegiatan pembelajaran. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri Kiarapayung I yang berada di Kabupaten Bandung. Dari hasil penelitian bahwa siswa kelas I senang dengan pembelajaran daring materi menggambar dengan menggunakan metode picture and picture, selain itu siswa dan guru menunjukan respon yang positif terhadap pembelajaran daring materi menggambar dengan menggunakan metode picture and picture, namun masih ditemukan siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal pembelajaran daring materi menggambar karena sulit memahami dalam indikator karya tiga dimensi membuat komposisi bentuk dan warna. Dari pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan menggambar menggunakan metode picture and picture pada pada indikator karya tiga dimensi membuat komposisi bentuk dan warna, dan generalisasi tergolong rendah dan perlu diberikan latihan-latihan soal yang rutin agar siswa terbiasa menyelesaikan soal yang sulit. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022