COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 5, No 4 (2022)

Pembelajaran Daring pemahaman Konsep Pecahan Siswa SD Kelas III Menggunakan Pendekatan RME

Dayulia Dayulia (PGSD IKIP Siliwangi)
Sukma Murni (PGSD IKIP Siliwangi)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kemampuan pemahaman konsep. Karena sebagai bekal prasyarat untuk mempelajari oprasi hitung pecahan pada tingkatan selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati penerapan model pembelajaran RME terhadap pembelajaran daring pemahaman konsep pecahan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III di SDN 3 Cipatat yang berjumlah 8 orang siswa laki-laki dan 6 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, lembar angket guru dan siswa, soal materi pecahan serta lembar wawancara guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kualitas pembelajaran ketika diterapkannya pendekatan RME. Hal tersebut ditunjukan dengan peningkatan nilai dari lembar pretest dan posttest  yaitu 17,08 %, skor rata-rata  pada observasi guru 91, skor rata-rata pada observasi siswa sebesar 89 dan 91, persentase skor nilai angket guru sebesar 60 %, rata-rata persentase skor angket siswa sebesar 60 %. Serta hasil wawancara guru dan siswa menunjukan hasil yang disimpulkan dengan tanggapan yang baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...