Teaching Games for Understanding (TGfU) merupakan suatu pendekatan pembelajaran pendidikan jasmani untuk memperkenalkan anak agar mengerti olahraga melalui konsep dasar bermain. Pendekatan Pembelajaran TGfU menekankan pada pendekatan taktik tanpa mempeduliakan teknik yang digunakan, bermain dalam segala posisi dalam permainan, mengembangakan kreativitas bermain, dan menekankan berbagai macam variasi bermain. Pendekatan ini akan memicu perubahan paradigma pembelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas pendidikan jasmani sehingga tujuan kedepannya kemampuan pemahaman dan kedisiplinan ini lah yang menjadi salah satu penentu kesuksesan siswa dalam menjalani kehidupan yang sesungguhnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan kedisiplinan siswa melalui TGfU. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah siswa kelas 5 SDN Bakalan yang berjumlah 34 siswa. PTK yang direncanakan nantinya terdiri dari 1 siklus yaitu terdiri dari 2 pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur peningkatan pemahaman adalah soal buku paket maupun buku penunjang (LKS), dan untuk mengukur peningkatan kedisiplinan adalah angket kedisiplinan yang sudah dikembangkan oleh peneliti lain. Dari hasil penelitian dan pengolahan data, dapat disimpulkan bahwa TGfU dapat meningkatkan pemahaman dan kedisiplinan siswa. Ketuntasan klasikal aspek pengetahuan pada observasi awal hanya 55,88% meningkat menjadi 82,35%, sedangkan ketuntasan klasikal aspek kedisplinan pada observasi awal 61,77% meningkat menjadi 91,18%.
Copyrights © 2022