Jurnal Perspektif
Vol 6, No 1 (2022): Jurnal Perspektif: Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022

Kemampuan Berpikir Kritis melalui Metode Predict-Observe-Explain Berbantuan Aplikasi Kahoot

Afra Siti Annisa Ponna (UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Scopus ID: 57200558086)
Asep Suratman (Unknown)
Hamdan Sugilar (Unknown)
Rahayu Kariadinata (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2022

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematis siswa didalam pembelajaran matematika tergolong masih rendah. Dengan menggunakan Metode PTK, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran matematika menggunakan Metode POE berbantuan aplikasi kahoot untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 Salah satu SMAN di Kota Bandung. Data yang didapat dari instrumen tes kemampuan berpikir kritis matematis, lembar observasi aktivitas, lembar angket skala sikap, dan wawancara. Hasil analisis data dan pembahasan memiliki kesimpulan bahwa: gambaran aktivitas guru dan siswa yang dikategorikan sangat aktif; hasil kemampuan berpikir kritis matematis siswa sebelum menggunakan Metode POE mendapatkan rata-rata sebesar  dengan kategori rendah; hasil kemampuan berpikir kritis matematis siswa setelah menggunakan Metode POE berbantuan Aplikasi Kahoot mengalami peningkatan dari nilai rata-rata Siklus I sebesar 59,12 hingga nilai rata-rata pada Siklus II sebesar 75; gambaran sikap siswa setelah menggunakan Metode POE dengan bantuan aplikasi Kahoot yang dikategorikan cukup baik dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Arts Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Other

Description

Multidicipliner: Social Science, Law and Islamic Law, Education, Politic, Science and Technology, Languistic. ...